Monday, February 7

Lima Tips Membangun Website dengan Hosting Murah

Dalam artikel ini, penulis ingin sekedar berbagi pengalaman tentang beberapa tips yang diperlukan dalam membangun sebuah website, terutama tulisan ini di tujukan kepada anda yang belum cukup mempunyai banyak pengalaman dalam membangun jaringan website untuk perusahaan atau suatu lembaga lembaga. 
Berikut ini ada beberapa tips yang perlu anda ketahui agar anda dapat membangun website dengan efisien dan profesional. 

Pertama, anda perlu mempersiapkan nama atau domain website anda, misalnya anda dapat membuat namaanda.com. Anda juga bisa menentukan kriteria domain anda dengan meng-afiliasikan kepada Top Level Domain (TDL) yang sesuai misalnya .COM (baca dot com) untuk komersial, .ORG untuk organisasi atau non profit, begitu juga .NET untuk yang terkait dengan jaringan. Kalau anda memilih TLD Indonesia, yaitu .ID, tentu lebih baik karena secara tidak langsung ikut mempromosikan Indonesia, misalnyahttp://www.namaanda.co.id/ untuk komersial, atau http://www.namasekolah.sch.id/ untuk lembaga pendidikan sekolah, atau http://www.namaorganisasi.or.id/ untuk lembaga yang sifatnya non komersial.

Kedua, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah, menyiapkan konten dasar untuk website anda. Perlu anda ketahui bahwa konten dasar adalah profile anda, visi dan misi. Dapat juga konten dasar ini merupaka foto-foto dasar atau logo perusahan termasuk header untuk halaman depan website anda, daftar produk anda, kalau anda membangun website komersial, alamat kontak dan alamat kantor anda. 

Ketiga, pilihlah perusahaan hosting dimana anda akan membangun website dan menyimpan file-file website anda. Perlu anda ketahui bahwa perusahaan hosting berkualitas adalah yang mempunyai layanan cepat, khususnya dalam memproses permintaan nama domain anda, biaya yang kompetitif, fitur yang lengkap untuk membangun website modern seperti menyediakan program-program CMS (content management system) dan yang paling penting adalah perusahaan tersebut menyediakan Costumer Support yang mudah dihubungi, baik melalui telepon atau online. Perusahaan hosting yang baik juga biasanya memberikan layanan pengaturan sub-domain secara gratis, sehingga memudahkan anda untuk membuat sub-domain, misalnya www.namadomain.com atau ftp.namadomain.com 

Salah satu perusahaan webhosting Indonesia yang memberikan layanan tersebut di atas adalah http://idwebhost.com/ yang didirikan oleh kawula muda berpengalaman dari kota Gudeg Yogyakarta. Perusahaan IDwebhost.com bahkan layak untuk dijadikan Trend Hosting Indonesia di masa mendatang mengingat layanan, costumer support yang cepat dan responsif serta mempunyai fitur yang lengkap. Dengan perusahaan ini sudah tentu akan menjawab kebutuhan website anda melalui paket-paket yang sesuai kebutuhan anda.

Keempat, langkah berikutnya setelah anda mendaftarkan domain dan menyewa server hosting adalah memilih CMS (content management system) yang mudah dan cepat. CSM ini merupakan program/software yang digunakan untuk mengatur isi website dan tampilannya. Banyak sekali CMS yang disediakan secara gratis/open source seperti Joomla (http:/www.joomla.org), Drupal (http://drupal.org/) dan Wordpress (http://www.wordpress.org/). Setelah instal CMS dari layanan hosting anda, maka Anda pun bisa mulai mendesain tampilan menyesuaikan dengan CMS yang anda gunakan dan melengkapi isi website lainnya.



Kelima, perlu anda ketahui bahwa daya tarik sebuah website adalah pada kreatifitas desain halaman muka dan peremajaan konten atau updating. Design yang berlebihan dengan gambar dan flash yang berat juga membuat orang enggan mengaksesnya. Umumnya pengunjung lebih suka tampilan yang menarik tapi ringan. Begitu juga konten yang sering update membuat pengunjung senang menengok kembali website anda, karena sudah tentu pengunjung akan selalu menanti info-info terbaru dari website yang anda kelola. 


Demikian share dari penulis dan silahkan mencoba..

17 comments:

  1. Tips yang bermanfaat buat saya mom...
    numpang copy ya

    Apa kabar mom?

    ReplyDelete
  2. silahkan mas Erik...kabar baik ini, sedang jarang mengudara aja di blogosphere :)

    ReplyDelete
  3. Thank you for your great work and… this Blog is a really pleasant surprise! Keep up the good work!

    ReplyDelete
  4. wah mantap banget artikelnya.
    makasih.

    ReplyDelete
  5. owh., gitu yaa, baru tau nich.. :D

    ReplyDelete
  6. makasih nih tipsnya, bisa di aplikasikan nih

    ReplyDelete
  7. Terima kasih pak atas semua info yang telah diberikan, sangat membantu kami mendapatkan informasi yang akurat dan sangat menarik ini; dan yg pasti berguna bagi semua masyarakat yang membacanya..terus semangat,kami tunggu info selanjutnya..

    ReplyDelete
  8. terimakasih atas sajian artikel bermanfaat yang telah anda bagikan.

    ReplyDelete
  9. Langkah terbaik untuk meramalkan masa depan adalah dengan cara menciptakan sendiri masa depan tersebut.

    obat penyakit akut

    ReplyDelete
  10. Jika engkau gagal pada hari ini, janganlah engkau berputus asa, karena masih ada hari besok dan seterusnya yang akan mengajakmu menjadi lebih sukses.

    obat luka

    ReplyDelete
  11. Jangan menyerah atas impianmu. Impian memberimu tujuan hidup. Ingatlah, bahwa sukses bukan kunci utama kebahagiaan, Semangat!

    obat asam urat anak dan dewasa

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar jika ada yang ingin anda sampaikan untuk postingan ini.
Regard,
Mama Hilda