Wednesday, May 28

7 Rahasia Kesuksesan Bepergian Dengan Balita


Ketika anda berniat akan berpergian dengan anak anda, kami anjurkan kepada anda untuk menganggap teman seperjalanan anda (anak anda) akan menambah dimensi baru dalam pengalaman bepergian anda. Pastikan, tekan harapan idealis anda yang harus begini begitu, siapkan sasaran yang realistis dan tentukan mana yang lebih nyaman bagi anda dan anak anda. Dalam perjalanan bukan saatnya anda mempertaruhkan pola yang selama ini anda pertahankan didalam rumah, tapi sedapat mungkin anda pertahankan, tanpa harus memaksa anak anda agar menurutinya, sehingga perjalanan anda akan tetap mengasyikkan baik bagi anda maupun anak anda. Disini ada beberapa saran yang telah diuji coba oleh beberapa pasangan orang tua, ketika mereka mengajak balita dalam suatu traveling.

Menjadi Fleksibel


Melakukan perjalanan dengan anak-anak dapat menjadi pengalaman yang indah, jika anda pergi tanpa beban. Mungkin anak anda akan merasa bosan jika selama perjalanan dia hanya menghabiskan waktu dengan duduk dalam waktu yang lama, tidak seperti biasanya yang dia dapat dengan bebas berekplorasi untuk berlarian kesana kemari menuruti keaktifan anak sebagai balita. Nah, jadikan rencana perjalanan anda sesimpel mungkin. Caranya, batasi dengan satu akitfitas yang menyibukkan dia selama diperjalanan dan pastikan anak anda akan betah melakukannya, atau jika anak anda ingin menghabiskan waktu untuk berendam di kolam renang hotel atau sekadar bermain air di kamar mandi penginapan anda.

Pilihlah Tujuan Perjalanan Yang Cocok Untuk Keluarga

Plihlah tujuan atau tempat santai yang biasanya khusus untuk anak-anak, sehingga anda tidak pusing untuk mencari informasi bagaimana tempat yang akan anda kunjungi. Kami menganjurkan beberapa pilihan yang cocok untuk dapat anda nikmati dengan keluarga anda, diantaranya, pantai, perkemahan keluarga, wisata alam atau tempat rekreasi yang cocok untuk anak-anak agar dapat menyalurkan keaktifannya. Hidari keramaian, tempat tujuan wisata yang terlalu banyak pengunjung, tempat-tempat wisata yang tanpa tempat berteduh dan tempat-tempat lainnya yang akan menambah tantangan anda, dengan anak balita dalam gandengan anda. Carilah hotel yang cocok untuk keluarga, yang memperbolehkan anak-anak bebas untuk tinggal dikamar orang tuanya, lengkap dengan makanan gratis untuk anak-anak atau model sarapan prasmanan yang harganya termasuk dengan harga kamar anda.

Bawa Serta Minuman dan Makanan Kecil

Pastikan anda membawa air minum dan makanan kecil secukupnya pada setiap kesempatan anda bepergian dengan anak-anak. Anak-anak dapat terserang dehidrasi selama dalam penerbangan dan balita tidak selalu dapat bertahan menunggu layanan makanan (atau mereka malah menolak makanan yang disediakan dari penerbangan ketika sudah waktunya). Anda mungkin dapat memesannya sebelum keberangkatan ketika pemesanan tiket. Akan tetapi, perlu anda ingat baik dalam perjalanan udara ataupun darat, akan lebih baik bagi anak-anak untuk menyertakan makanan siap saji yang mudah dibawa seperti sereal, buah atau sayuran yang sudah dipotong, jus buah dengan kemasan sekali minum, kue-kue kering dan makanan lainnya sesuai dengan usia balita anda. Memberikan balita anda makanan dengan selang waktu tertentu, akan seperti memberikan anak anda sesuatu yang sudah ia tunggu. Jangan lupa, bawa serta tissue basah agar memudahkan anda membersihkan sisa makanan yang tersisa.

Rencanakan Untuk Sesering Mungkin Ambil Jeda Perjalanan


Jika anda membawa mobil, usahakan untuk berhenti sejenak disela waktu perjalanan anda, sehingga balita anda dapat meluruskan anggota badannya dan berkeliling sejenak untuk membuang energi yang tertahan. Bawalah serta bola karet atau bola tiup untuk memberikan aktifitas kecil disela jeda perjalanan dan buku cerita kecil untuk menenangkannya. Pilihlah taman atau daerah piknik dalam rute anda, mungkin anda dapat ambil bantuan online mapping service seperti dalam fasilitas Google Maps, Yahoo Maps, atau MapQuest, atau fasilitas city guide seperti GoCityKids or CitySearch. Selesaikan perjalanan darat anda selekas mungkin sehingga semuanya mendapatkan waktu untuk beristirahat setelah menghabiskan waktu diperjalanan.

Pikirkan Keselamatan


Ketika berpergian dengan anak anda, pastikan sertakan tempat yang anda kunjungi tidak membahayakan balita anda, jika anda memilih perjalanan darat, pastikan tempat duduk bayi terpasang secara tepat. Pakailah tirai jendela mobil yang dapat dilepas untuk melindungi anak anda dari teriknya panas. Mungkin lebih baik anda memberikan pakaian dengan warna mencolok, sehingga anda tetap mengenalinya dalam keramaian dan letakkan kartu nama anda beserta informasi identifikasi di salah satu saku bajunya, jika sampai terjadi anda terpisah dengan anak anda.

Bawa Serta Tas Kesukaannya

Salah satu cara untuk menyenangkan hati anak anda selama perjalanan adalah bawalah tas kesukaannya dan penuhi dengan mainan kesukaannya. Mungkin anak anda menyukai mainan puzzle, boneka, mobil-mobilan, krayon, buku cerita atau mainan lainnya, bungkuslah salah satu mainan kesukaannya sebelum anda berangkat dan hadiahkan pada anak anda dalam perjalanan. Nah, jika anda akan bepergian jauh, mungkin dari sekarang anda harus sembunyikan sampai tiba saatnya anda memberikannya.

Pilih Perjalanan Yang Praktis


Agar anda mendapat gambaran apa saja yang cocok dan tidak selama dalam perjalanan atau jauh dari rumah, mungkin anda dapat melakukan uji coba sebelum perjalanan besar tersebut terjadi. Mungkin anda bisa pergi agak jauh ketika akhir pekan. Dari uji coba ini anda akan dapat menerka apa saja yang perlu dibawa dan tidak, berapa lama anak anda betah duduk di kursi bayi dan mainan mana yang membuat anak anda asyik selama diperjalanan.

Semoga tips ini bermanfaat bagi yang ingin mengajak anaknya bepergian jauh. Masih tentang bepergian jauh, so jangan lewatkan tips selanjutnya…

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ada yang ingin anda sampaikan untuk postingan ini.
Regard,
Mama Hilda