Monday, May 5

Tips Menikmati Makan Diluar Rumah Bersama Anak Anda



Tentu seringkali kita perhatikan kenapa kebanyakan para orang tua yang mempunyai anak balita cenderung untuk lebih memilih untuk makan dirumah ketimbang jajan ke rumah makan atau restoran, dimana ceceran makanan yang berjatuhan hanya akan mengenai keluarga terdekat bukan orang asing. Tetapi terkadang terpaksa-dan mungkin juga sebagai hiburan- untuk menikmati makan diluar rumah dengan mengunjungi rumah makan atau restoran. Jika anda sebagai orang tua dengan anak usia 2-4 tahun dan anda merasa tidak nyaman untuk memilih makan diluar rumah, berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda:
Sebelum anda pergi

Siapkan segudang trik, misalnya bawalah serta bermacam-macam hiburan untuk anak anda, termasuk buku favoritnya, permainan, dan mainan anak yang tidak menimbulkan kebisingan. anda harus dapat menaksir lama waktu yang anda butuhkan selama makan diluar, jika anda perkirakan satu jam maka jadikan 2 jam dan bawalah segudang trik yang telah anda siapkan tadi agar menjadikan anak anda dapat tetap tenang ditempat tanpa harus mengganggu ketenangan orang lain.

Jika anda mempunyai anak hiperaktif yang sulit untuk dapat tenang, bawalah serta beberapa mainan kecil yang baru, dengan begitu mainan tersebut akan memikat perhatiannya, paling tidak sampai pesanan menu anda siap. Dapat juga anda persiapkan makanan kecil favoritnya jika pelayanan restoran terlalu lambat atau menu restoran tidak sesuai dengan selera anak anda, (bukan berarti jika anak anda suka dengan macaroni keju buatan anda lalu anak anda juga akan menyukai macaroni keju versi restoran).

Pilihlah restoran yang tepat. Pilihlah restoran yang cocok untuk anak-anak, lebih baik pilihlah sembarang restoran yang ramai sehingga jika sampai anak anda berisik, maka keberisikannya itu tidak akan mengganggu kenyamanan orang lain. Usahakan untuk pesan tempat duduk sebelumnya sehingga begitu anda sampai, tidak perlu menunggu lama untuk sekedar mencari tempat duduk yang cocok.

Tentukan beberapa peraturan dan terapkan peraturan tersebut dalam rumah. Anak-anak adalah individu yang patuh pada kebiasaan, jika anda telah menerapkan peraturan yang sesuai dengan perkembangan umur anak anda dilingkup rumah anda, maka anda akan mendapati anak anda akan serta merta menerapkannya ketika anda ajak anak anda untuk makan diluar.

Usahakan untuk sampai ditempat seawal mungkin. Jadilah anda yang paling awal baik itu untuk menu sarapan, makan siang atau makan malam, sehingga anda akan cepat mendapatkan pelayanan. Pelayanan yang cepat artinya sedikit gap antara memesan dan datangnya pesanan anda, ini artinya meminimalisir anak anda yang aktif untuk membuat keributan atau kebisisngan.

Anggaplah acara makan diluar sebagai hadiah. Untuk memotivasi anak anda agar tetap menjaga sopan santun didepan umum, jadikan acara makan diluar sebagai peristiwa spesial dimana sopan santun tidak hanya dianjurkan tetapi diwajibkan.

Ketika anda sampai

Pesanlah makanan favorit anak-anak. Harus anda ingat, ini bukan saat yang tepat untuk mengenalkan anak anda pada makanan baru yang dia belum pernah mencicipinya. Tetap pesan makanan favorit anak anda, yang anak anda sudah biasa mengenalnya dan menyukainya. Biasanya di beberapa restoran menyediakan menu khusus anak-anak, nah anda dapat memesankan diantara menu tersebut.

Jangan mengulur waktu. Tanyakan pada pelayan restoran untuk dapat menyajikan pesanan untuk anak anda secepatnya atau paling tidak bawalah serta makanan kecil kesukaannya, misalnya biscuit, yang dapat dia nikmati sampai pesanan makanannya siap disajikan.

Terus bergerak. Jangan mengharapkan anak anda 2-4 tahun menunggu sementara yang dewasa menikmati hidangan pembuka atau salad, sementara diam-diam mereka mengkrikiti makanan lain, akan tetapi usahakan, begitu anda duduk pesanlah hidangan pembuka yang memungkinkan bagi anda untuk dapat berbagi dengan anak anda, atau jika tidak ada yang sekiranya cocok untuk anak anda, lewati menu pembuka dan langsung ke hidangan inti.

Simpanlah beberapa menu atau minuman spesial pada restoran yang pernah anda kunjungi. Memberikan kelonggaran pada anak anda untuk memesan makanan spesial yang jarang atau anda larang dirumah, misalnya memperbolehkan anak anda untuk memesan soft drink (yang mungkin anda larang dirumah). Perlakuan seperti ini akan mengambil perhatian mereka bahkan meperkuat alam pikiran mereka bahwa acara makan diluar adalah sesuatu yang istimewa bagi mereka.

Jadilah anda orang yang peka. para pelayan restoran yang melayani anda -mereka yang anda minta untuk mepercepat ke hidangan utama, meminta tambahan keju parmesan untuk hidangan pasta, menukar sajian es krim menjadi lebih cocok untuk anak-anak-mereka juga perlu memunguti ceceran biscuit yang berjatuhan di lantai, berikanlah sedikit penghargaan atas pelayaan ekstra yang anda minta sehingga dikesempatan lain kunjungan anda, mereka serta merta akan memberikan pelayanan yang lebih baik.

Tahan emosi anda

Berharap yang realistik. Mengakui bahwa makan diluar bersama anak-anak tidak seperti makan diluar dengan orang dewasa. Sangat tidak masuk akal jika anda mengharapkan anak usia 2 tahun untuk dapat duduk dengan tenang, berbicara dengan pelan selama sejam. Sebaiknya, fikirkan bahwa acara makan diluar ini sebagai kesempatan yang mengikutsertakan anak anda, ini dapat berarti melakukan permainan, berbicara dengan anak anda, membaca dan mungkin sedikit berkeliling. Karena sangat sulit mengharapkan anak balita anda untuk tetap sopan dan tenang seperti yang anda harapkan.

Tahan emosi anda, restoran bukan tempat yang melibatkan anda pada kepada konfrontasi yang tidak perlu dengan anak anda. Tetaplah pada perilaku dasar anda (tetap tenang dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain) dan sikap yang layak. Jadi, biarkan pelanggaran kecil terjadi ketimbang melepaskan amarah anda yang pada akhirnya merusak acara spesial anda.

Bagilah kesibukan anda. Untuk menjadikan sesuatu agar berjalan lancar, anda dan pasangan anda harus terlibat dalam pengaturan makan. Jika anak anda menuntut untuk dilayani (disuapi dan sebagainya), bergilirlah dengan pasangan anda, sehingga salah satu dari anda menghabiskan makanannya terlebih dahulu sementara anda memberikan perhatian pada anak anda.

Gigih. Meskipun jamuan anda harus berakhir dengan kumpulan makanan yang tidak tersentuh atau tersisa, cobalah kembali. Dan ingatlah, bahwa jika anak berlatih untuk dapat berlaku yang sopan dan sedikit tantangan anda pada acara makan diluar kali ini, pada akhirnya akan memberikan hadiah yang mengagumkan: bahwa keluarga anda menikmati pengalaman di restoran yang menyenangkan.

Artikel terjemahan dari: How to dine out with kids...and enjoy it! by: The Parent Center Editorial Staff



No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ada yang ingin anda sampaikan untuk postingan ini.
Regard,
Mama Hilda