Monday, September 15

Fun activities to promote writing skills

Hi moms, paling ngga sabar rasanya kalau anak malas mengerjakan pe-er, atau tipe yang maunya main aja, giliran disuruh duduk anteng untuk mengerjakan pe-ernya harus bilang, capek ma...atau ngantuk ma...atau laper ma...gemes kadang sampe kita dibikin bertanduk, ini kebetulan sambil googling nemu artikel menarik bagaimana menjadikan belajar menulis itu sebagai permainan untuk anak, sehingga sambil bermain anak tidak menyadari bahwa dia juga belajar. semoga bermanfaat. Artikel ini saya terjemahkan bebas ke bahasa Indonesia agar dapat dimengerti oleh orang-orang yang tidak terlalu sering berbahasa ingris, silahkan menyimak...

Begitu anak memulai pendidikan pra-sekolah (play group-nursery-TK) maka kebanyakan kemampuan motorik anak sudah berkembang begitu pesatnya sehingga anak dapat mulai menulis huruf-huruf dan kata yang simpel. Nah saat inilah waktu yang tepat untuk mendorong kemampuan menulisnnya. Aktifitas bermain dan belajar menulis dibawah ini dirancang untuk meningkatkan kreatifitas menulis anak anda dan untuk mendorong kemampuan anak anda agar dapat mengartikan apa yang ada dalam khayalannya kedalam bentuk kata. Jangan khawatir tentang ejaan atau penulisan, karena hal ini akan mereka pelajari selama di sekolah.

For physical learners

Menulis Bersama. Dimanapun anda duduk untuk menulis daftar belanjaan, atau membayar tagihan listrik dan sebagainya, atau pengisian formulir, mintalah anak anda untuk bergabung dengan anda. Berikan dia kertas tulis, cek kosong atau slip deposito atau formulir pengiriman uang untuk anak anda sementara anda menyelesaikan urusan anda. Demikian anak anda akan belajar bahwa menulis adalah bagian dari keseharian kita yang sangat diperlukan.

Gunakan modelling clay, tanah liat atau malam untuk membentuk kata,pertama buatkan mereka kartu-kartu mainan dari kertas karton, isi tiap-tiap kartu tadi dengan hurus, jika anda memungkinkan laminating kertas tadi sehingga seperti kartu. Kemudian pelintir malam atau tanah liat membentuk tali-tali kecil, mintalah anak anda untuk mengikuti huruf-hurus sesuai dengan huruf diatas di kartu yang anda buat tadi dengan menggunakan pelintiran tanah liat atau malam tadi. Dari sini anak tidak hanya belajar untuk mengenal huruf tetapi bermain dengan clay akan membantu memperkuat otot jari jemari mereka yang mereka butuhkan untuk menulis.

Selalu bawa serta note book. When Ketika anda berada dijalan, baik itu dalam suatu perjalanan keliling negara atau hanya pergi kerumah oma-opanya, pastikan bawa serta untuk anak anda note book dimana dia dapat menulis apa saja yang dia lihat dan dia kerjakan, meskipun itu hanya beberapa kata. Dia juga dapat membawa note book tersebut dalam wisata ke kebun binatang atau ke pantai.

For visual learners


Buatlah daftar . Kebanyakan anak-anak suka sekali membentuk daftar atau list. Mintalah anak anda untuk membuat daftar mainan yang dia inginkan pada hari ulang tahun atau liburannya yang akan datang. Menuliskan sesuatu yang sesuai dengan keinginannya akan menghubungkan menulis dengan fun dalam khayakan mereka. Anda juga dapat memintanya untuk membuat daftar mainan yang ada di kotak mainannya dan sebagainya.

Wah...sepertinya harus distop dulu nih...untuk lanjutnya menunggu nanti ya..biasa sibuk lagi nih dengan anak-anak..


1 comment:

  1. Dear Mba Hilda
    bener banget mba, anakku 2,5 tahun juga senang tulis2x....
    aku juga menggunakan alat bantu baca tulis untuk anakku...supaya lebih fun

    salam
    www.ravabayuputra.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar jika ada yang ingin anda sampaikan untuk postingan ini.
Regard,
Mama Hilda