Friday, December 12

Bedah Caesar Vs Epidural

Pada kebanyakan calon ibu, memasuki masa kehamilan anak pertama tentu mendebarkan, perasan tidak menentu, feeling ugly karena badan yang tiba-tiba membengkak dalam hitungan minggu. Dan lebih dari itu, dilema memasuki persalinan yang hampir semua calon ibu antara ngeri membayangkan beratnya menahan sakit yang kadang tidak bisa diprediksikan berapa lama. Ada sebagian yang menahan kontraksi persalinan sampai belasan jam sebelum persalinan sebenarnya dimulai, sehingga masa ini si ibu nyaris kehabisan tenaga, atau bahkan akhirnya dokter memvonis untuk melakukan bedah caesar karena si ibu dinyatakan tidak bisa lagi melanjutkan persalinan normal.

Bedah caesar sebenarnya bukanlah opsi pertama selama posisi bayi yang ada di kandungan dapat diusahakan lahir secara normal, jika masalahnya hanya karena si ibu yang terlalu lemah untuk menahan kontraksi persalinan, hal tersebut bisa diatasi dengan suntikan penahan sakit, atau dikenal dengan anestasi epidural.

Saya pribadi bukan dokter, saya hanya ingin berbagi sebenarnya apa sih anestesi epidural itu? Mungkin kebanyakan dokter lebih menganjurkan caesar sebagai opsi pertama jika pasien tidak mengetahui epidural, karena memang secara nominal profitnya lebih, dibanding jika pasien minta anestasi epidural untuk membantu proses persalinan.

Epidural ini, biasanya disuntikkan di sumsum tulang belakang pada saat telah terjadi kontraksi yang disertai pembukaan, (bukan kontraksi palsu-red), mungkin begitu jarum dimasukkan sakitnya bukan main, karena waktu itu saya dipegangin oleh dua orang perawat untuk menahan badan saya agar jangan sampai jarum epidural tadi bergeser, karena jika sampai salah suntik bisa mempengaruhi bagian syaraf katanya. Tetapi begitu obat masuk, setengah badan akan mati rasa, kaku, tetapi kita tetap sadar dan merasakan kontraksi yang kian kuat, sampai pada saat persalinan kita tetap diharapkan membantu mengejan untuk memudahkan proses kelahiran.

Selama itu, sampai dengan kelahiran bayi kita tidak merasakan sakit yang menyiksa, hanya memang perlu selalu dicek terus menerus. Dan persalinan tetap berjalan secara normal tanpa ada sayatan bedah diperut, yang proses recovery (penyembuhan) nya minimal memakan waktu enam bulan, itu pun akan selalu terasa kejang didaerah bekas jahitan, jika operasi caesar. Sementara jika dengan bantuan epidural, proses kelahiran tetap alami, dan masa penyembuhan lebih cepat.

Sebelum memutuskan untuk meminta epidural, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena memang epidural ini biasanya yang melakukan adalah dokter ahli anestasi bukan dokter kandungannya. Nyaris tidak ada efek samping apa-apa, dan epidural ini juga tidak memberikan pengaruh apa-apa pada bayi yang dikandungan.

Beberapa waktu lalu saya sempat ngobrol dengan kawan lama saya seorang dokter, saya tanyakan kenapa epidural sepertinya tidak banyak disinggung di Indonesia, jawabnya seperti yang saya utarakan diatas tadi, profit untuk bedah caesar lebih tinggi dibanding jika menawarkan epidural pada pasien, maka tidak mengherankan, banyak para calon ibu yang takut melahirkan akhirnya ditawarin untuk bedah caesar.

Bagi saya pribadi, dengan epidural membantu agar saya bisa selalu rileks dan tidak dihingapi rasa takut menunggu proses persalinan, yang waktu itu anak saya pertama Hilda memakan waktu sampai 13 jam, saya tidak bisa membayangkan menahan rasa sakit selama itu, kata dokternya still long way to go..i'll come tomorrow, waduh sampai kapan ini? untungnya dokternya pengertian, sehingga dia menawarkan epidural..dan benar, memang keesokannya baru lahir, dokternya datang tepat pada mendekati waktunya...dan anak kami yang pertama lahir pada bulan Juni 2004, disaat Islamabad sedang terik-teriknya musim panas, temperatur maksimal kisaran 46-50an derajat.

Saya hanya bertukar informasi, semoga bisa diambil manfaatnya, jika anda tidak berkenan membacanya silahkan skip saja, tapi jika anda haus informasi silahkan untuk lebih jauhnya anda bisa cari referensinya mengenai epidural pros and cons. Atau cukup dengan kata kunci epidural anda akan mendapatkan segudang informasi. Postingan ini hanya sebuah ungkapan dari apa yang pernah saya alami. Terutama kang seno yang katanya sedang jadi calon bapak :) Selamat ya. Thanks buat semua yang sudah menyempatkan waktu untuk membacanya..

19 comments:

  1. Wuih, pertamax he..he... wah mama tahu aja saya lagi butuh informasi ini. Kemarin udah USG lagi ma, udah gerak-gerak he...he...

    Saya berharap semuanya lancar-lancar aja ma, g usah epodural g usah caesar. he..he..

    Soalnya aku kan orangnya g tegaan ma, aku sendiri disuntik takut. Apalagi ngliatin istri disuntik ah... tidaaaak. Ngliat ayam dipotong aja g tega Ma.

    Minta doanya ya Ma. Smoga lancar2 aja ya Ma. Terima kasih informasinya, bagi2 pengalamannya ya Ma. Thanks.

    ReplyDelete
  2. wuih,keduaxx..(ngikuti gaya kang seno).ehm,ehm,ada yang mau jadi calon bapak nih. selamat kang...

    btw, meski lom nikah, tapi saya sangat suka membaca informasi2 seperti ini. sebagai bekal jika kelah Tuhan mengizinkan saya untuk melangkah kekehidupan berubah tangga dan segala pernak perniknya...

    ReplyDelete
  3. wedeh, mama pakai moderasi komentar ya? walah, benar nomor dua gak ya?

    ReplyDelete
  4. wahhh... mama... aku ngeri nih.... secara aku orangnya takut disuntik waktu kena DBD aja takut banget tiap hari mesti ambil darah... huhuhuu.... hikss....

    ReplyDelete
  5. Ternyata ada cara lain ya. Tp ngeri juga ah ma, ntar klo salah suntik gmn? Kan bisa mengganggu syaraf.
    Melahirkan secara normal resiko ny juga besar, Klo ibu ny ga kuat kasian ibu dan bayi ny, apalagi anak pertama. Jd sebelum bersalin sebaikny konsultasi dl dg dokter, liat kondisi kesehatan dan stamina si ibu, liat kondisi dan posisi si bayi, lalu minta saran dg dokter sebaik ny bersalin secara apa. Jadi ibu dan bayi sama2 sehat dan selamat.

    Agung sok ngerti ya ma? Nikah aja belum kok sudah ngomong panjang lebar.

    Hehe... Pacar agung tuh tertarik bgt dg yg nama ny khamilan dan bayi. Dia banyak baca buku tentang tips2 utk ibu hamil dan tips2 merawat dan mendidik balita. So agung kecipratan ilmu ny dikit2. :)

    ReplyDelete
  6. selamat semoga menjadi bapak yang sholeh

    eh semoga diberi kesehatan baik ibu dan anak serta bapaknya

    ReplyDelete
  7. @ih ngeri ya, istri saya juga baru melahirkan caesar karena bayi sungsang, tapi alhamdulillah semuanya bejalan baik, ketika saya tanya mana yang lebih enak, normal apa caesar? kalo harus memilih mendingan normal aja...

    ReplyDelete
  8. Wah, kasihan banget ya orang tua perempuan itu. Kalo ngelahirin selalu sengsara :( Untung aku g jadi cewek :D

    Makasih ma infonya..

    ReplyDelete
  9. Wah ngebayangin disuntik di tulang punggung, sakitnya luar biasa ya.

    Saya disuntik tuk ambil darah aja takut...

    ReplyDelete
  10. waduh 13 jam?duhhh...berat sekali perjuangannya yah...hikzz...kok saya malah jadi ingat dengan ibu saya yah...huuuuu...

    tp ga ada efek sampingnya yah?hmm..ternyata profit buat caesar lebih tinggi..hehehe

    salut dengan mama hilda dan perjuangannya...duh ga bisa ngebayangin saya :(

    ReplyDelete
  11. hiah....bener...aku dl lahirin prosesnya panjang 24 jam, tp caesar..karena sama sekali gak ada kontraksi, ketuban dah keluar banyak,si baby dah kelamaan di dalem, begitu di caesar ternyata bayinya nyungsang...tengkurep sambil nungging....*halah* sampe sekarang kok aq kapok neh....masih gak mo klo disuruh nambah....

    ReplyDelete
  12. salam kenal nih!!!! baca postingannya bagus banget

    ReplyDelete
  13. seno@wuih..pertamax..moga lancar ya calon babynya n normal smuanya ngga ada problem macem-macem.
    Kristina Dian@masih keduaxxx kok mbak..udah ngga saya pake moderatorin lagi nih, otomatis smua, tadinya saya moderatorin karena dulu pernah ada yang isi koment ternyata isinya virus..gemes jadinya.
    lyla@mbak kalo namanya hamil pasti ada acara suntik menyuntik hehehe, belum suntik TT nya 2 kali, cek lab darah 3 kali, untuk ngecek gula darah dan sebagainya..kalo belum pernah ngeri kali, tapi ntar juga kebal hehehe.
    Aiwy@ada cara lain gung, jadi tetap melahirkan normal sambil baca komic atau sambil sms atau baca koran heheheh, yang saya bilang itu pakai epidural.
    dede@memang kalau mau memilih pasti enak pilih yang normal ya..ngga ada komplikasi apa-apa.
    nara@thanks kang nara udah mampir..hampir semua ibu-ibu ngerasain itu, buat saya itu proses pembelajaran bagi perempuan untuk menjadi ibu..hehehe penataran kali kalo boleh saya bilang :)
    Rosa@wah perjuangan ya mbak kalo sampe 24 jam ngga ada kontraksi..mungkin lagi bobok kali ya babynya, susah memang kalau posisi nyngsang begitu, tapi kalau belum kapok dan mau ngelahirin yang ngga sakit tetap normal yang pake epidural mbak..paling 2 minggu udah ringan badan. 10 harilah..paling cepet. :)
    Erik@kalo disuntik mah udah biasaa...hehehe
    Ndeso@perempuan smuanya akan mengalami kok, memang dukungan suami akan menguatkan proses tersebut, moga cepet dapet ya..masih sendiri ya..
    Zulfikar@makasih udah datang, semoga bermanfaat infonya.
    Mingto@Thanks for the visit..salam kenal juga ya..comeback often...

    ReplyDelete
  14. mam, udah dilink tuh blognya liat di blog ini yah....btw apa masih bisa ya hamil ke-2 ntar lahirin normal?coz katanya klo ank 1 ceacer, yg ke 2-nya lebih suseh klo lahirin normal...ops,kok jd konsul sih...hihiii

    ReplyDelete
  15. waw... untungnya aku laki2 yg gak mungkin di cesar. PAsti sakit banget deh..... mudah2an istriku kelak gak cesar deh,,, doain yah!!

    ReplyDelete
  16. waktu melahirkan yang pertama saya juga memakai anestesi jenis apidural. hingga akhirnya karena baby gak mau keluar ampe pembukaan 9, akhirnya dokter memutuskan caesar.

    melahirkan yang kedua juga memakai epidural. sayang dokter kandungan yang gak sabar memutuskan memulai operasi sebelum bius sempurna bekerja.akhirnya ketika gunting menyentuh kulit, sakitnya masih terasa. butuh minimal 30 menit dari saat disuntikkan hingga epidural benar-benar bekerja. itu juga yang mungkin bikin dokter-dokter kita gak sabar memakainya.

    ReplyDelete
  17. zie berharap jika saatnya tiba nanti zie hamil zie berharap normal aja deh ma

    ReplyDelete
  18. wah, mama hilda lagi kemana neh yakkk?

    mudah2an baek2 aja neh ;)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar jika ada yang ingin anda sampaikan untuk postingan ini.
Regard,
Mama Hilda