Friday, March 20

Masakan Keluarga

Namanya juga blog, isinya campursari, dari dulu saya udah mau posting resep masakan ini, tapi belum sempat-sempat, sekalian ngirimin kang nara yang kayaknya lagi sibuk sama blog tetangga ya..hihihi..tapi silahkan masak sendiri dan mencoba sendiri, kalau ngga enak tanggung sendiri, saya ngga mau bertanggungjawab :)..Buat sobat-sobat yang sudah berkeluarga mungkin ini bisa untuk pe er para istrinya, kalo yang masih jomblo, coba dong masuk dapur ujicoba masakan, biar sekali-kali ngga makan cpu melulu atau mungkin lalapan monitor hehehe..just kidding..

Resep ini biasanya suka saya pesen kalo kebetulan kita lagi makan ke restoran China, sambil incip-incip rasa dan mengamati kalau saya bisa ngakalin gimana cara masaknya, eh ternyata jadi, mungkin bantuan mba Harni juga, yang memang jago masak, jadi dikit-dikit suka ngintip tips masakannya yang diakui uenak tenan..gimana ngga, wong pernah jadi chef-nya dubes, jadi hampir masakan apa aja bisa, sayang, karena saking repotnya masak-memasak jadi ngga punya blog. Hayyah..ini mau posting masakan kok kemana-mana ya..

Oke deh, not to prolong rumpian saya kali ini...sebelumnya saya kasi jepretan masakannya, gak pa pa ya kalo jepretannya udah agak lama, tapi asli itu masakan saya sendiri kok, ngga ngambil dari gugel image hehehe.. biar postingannya agak santai aja, dan yang baca juga kenyang jadinya setelah capek ngeronda atau berblogwalking ria..

Sweet and Hot Crispy Sesame Fried Chicken ( kira kira kalo diartikan ayam goreng wijen krispi pedas manis) kira-kira begitulah..


Bahan-bahan:

- Ayam Potong 1kg, bisa dada, bisa sayap, atau drumstiknya..menurut selera, tapi di image diatas saya pakai paha ayam dan sayap tapi yang bagian atasnya.
- Paprika, capsicum yang hijau atau merah..atau dipadukan juga lebih cantik warnanya.

Bumbu:
- Bawang Putih 4 siung dicincang..atau menurut selera
- Merica
- Madu
- Sambal botol, apa saja
- Biji Wijen
- Tepung tempura ( atau bisa diganti dengan terigu jika ngga ada)
- Telur ayam.
- Garam dan bumbu penyedap secukupnya
- Minyak goreng
- Margarin atau butter secukupnya

Cara memasak:

Pertama lumuri ayam dengan bawang putih bubuk, garam dan bumbu penyedap secukupnya, kemudian marinate atau biarkan bumbu merasuk dengan dibiarkan didalam kulkas selama kurang lebih setengah jam, bukan di freezer ya..
Keluarkan ayam dari kulkas, masukkan dua butir telur ayam, aduk-aduk hingga rata, masukkan tiga sendok makan wijen.

Panaskan pengorengan dengan minyak goreng secukupnya, usahakan api panas biar deep fried, sehingga ayam benar-benar matang, kalau minyak kurang panas biasanya hasil gorengan kurang bagus, karena darah yang didalam ayam jadi mengalir keluar dan membuat warna ayam goreng menjadi kehitaman.

Setelah itu, jika tidak pakai tempura, bisa menggunakan tepung terigu, caranya masukkan tepung terigu agak banyak kedalam kantong kresek bersih yang agak besar, ayam yang sudah berbumbu tadi dimasukkan kedalamnya, tambahkan terigu diatasnya kocok-kocok sampai ayam tertutup semuanya dengan terigu. Nah, jika anda memakai tepung tempura, cukup taburkan ayam dengan tepung tempura sampai tertutup semua. Kalau saya pribadi lebih senang pakai terigu, karena lebih krispi dan dijamin kaya KFC jadinya hehehe..

Pastikan minyak sudah benar-benar panas, dengan menyelupkan spatula (sutil yg dari kayu itu lho..) kedalam minyak goreng, jika berbuih tandanya minyak sudah panas.

Nah, selanjutnya..masukkan ayam tadi..srueng....!!! kebul-kebul asapnya hehehe, jika sudah mulai menguning dan terlihat sudah matang, angkat dan tiriskan.

Setelah ayam sudah digoreng semuanya, siapkan pengorengan bersih, masukkan minyak goreng, tambahkan butter atau margarin satu sendok makan, kemudian tumis bawang putih yang sudah dicincang halus sampai harum baunya, kecilkan api, sambil menunggu matang, potong-potong memanjang paprika atau capsicum, buang bijinya, tumis dan panaskan kembali pengorengan. Tumis semuanya, kemudian masukkan madu tiga sendok makan, lada menurut selera, garam dan bumbu penyedap, tambahkan sambal botol, jika suka pedas bisa diperbanyak, jika saya lebih suka sambal ABC karena kurang suka yang terlalu pedas. Biasanya bapaknya anak-anak protes kalau saya masak kepedasan hehehe

Nah untuk final touch nya, masukkan wijen kedalam bumbu tadi, kira-kira tiga sendok makan atau lebih, menurut seleralah pokoknya, masukkan ayam goreng tadi aduk-aduk hingga rata semua bumbunya. Setelah sudah rata dan bumbu merasuk, matikan api sajikan..nah sudah deh..

Lama memasak..kalau saya masak ini ngga sampe satu jam udah selesai..nanti lain kali kalau ada jepretan masak Mongolian Style saya posting disini deh..masakan ini pernah incip-incip ketika ada jamuan makan malam di Marriot Hotel sebelum di bom beberapa waktu lalu.

Buat kang Nara, daripada minta bakso, ini saya kirim menu spesial deh kang, buat nemenin BW deh, sama kang joe yang udah kasi ide agar categori artikelnya beragam, juga kang suryaden yang udah baik hati ngasi rahasia meta tag nya, juga kang nirmana yang udah sampe capek ngajarin saya utak utik html, tapi masih duduls aja..moga postingan ini bikin kenyang deh hehehehe..

53 comments:

  1. wah... keliatannya kripsi tenan... di bookmark sapa tau pengin ikutan bikin

    ReplyDelete
  2. hehehe... kalo pinter nulis mau posting masakan prolognya panjang dan lebar.... kalo saya to njep point secara gak pinter nulis hehehe

    ReplyDelete
  3. Nah ini berita baru...makanan..hemmm bikin lapar.. bangun tidur langsung lihat ada makanan weh weh wehhhhhh...

    ReplyDelete
  4. simpan dulu, nanti suruh istri yang buatin...
    makasih ya berbagi resep.. :)

    ReplyDelete
  5. Diary pink, Lyla@ yups silahkan bookmark jeng..dicontek juga boleh gampang kok masaknya. Iya ini, kebiasaan emak-emak suka ngrumpi, posting resep nglantur kemana-mana.

    The Dexter@ hehehe..bangun tiru terus makan..enak itu mas..

    Sibaho@ sama-sama mas, ntar kalo berhasil kirim ya hehe

    ReplyDelete
  6. tapi tetep makanan paling enak, ya bkinan my mother... ^___^

    ReplyDelete
  7. lha untukku mana mam? btw, jika libur mau tak praktekin mam.

    ReplyDelete
  8. hmmmm jadi lapar lagi nih.. padahal tadi sudah makan malam lho...

    ReplyDelete
  9. Kucing Buntet@ betul mas..siapapun pasti masakan ibu paling enak hehehe saya juga begitu..

    Kristina Dian Safitry@ Tunggu dian, ntar ya masakan selanjutnya buat dian deh..mongolian hehehe lum ada fotonya soalnya..

    Penny@ mbak kalo makan lagi gpp..kalo jawanya mindo namanya hehehe..

    ReplyDelete
  10. Saya baik2 saja mama hilda. sudah saya kirim puisinya, semoga sesuai dengan suasana. Maaf bila ternyata tidak.
    Perlu saya tinggalin no. rekening ga? hehehe...kekeke....

    Salam.

    ReplyDelete
  11. kalo kang nara, joe dan suryaden mereka memang top blogger dan master IT, tapi klo kang nirmana apa yah kategorinya? mmm, bentar2 saya tebak dulu...jagonya makan,tidur sama ninggalin komentar ga penting. dan ngiri klo liat "pertamax-nya " keduluan. hehe

    ReplyDelete
  12. its look nice but sayang nggak kebagian hehee Cheers
    Sharing Ideas Online

    ReplyDelete
  13. salam ngat di pagi hari yang cerah,..semoga semuanya berjalan smooth

    No Rules, Just Duit!

    ReplyDelete
  14. hehehe iyak mam, bau datang lagi nie...
    mam, minta makanannya doooooonk, huehehehe

    ReplyDelete
  15. wekz, telat deh buat yang para suami joblo...wkwkwkwk...hikzzz...pasti ndak disisaiin neh..huuuu...

    walah kirain apaan marinate...xixixi, ternyata bumbune merasuk sukma dan jiwaraga ayamnya...hihihihi

    beh jadi laper mam, dibuatin ayam goreng...heheheh, wakz saya belum sempet nongol di pesbuk mam ato onlen...sibukkkkkk

    komenk jadi nomer 15 dah..hikzzz :(

    ReplyDelete
  16. kayaknya enyak banget ma... ntar mau kucoba ah...he..he...

    ReplyDelete
  17. nanti aku coba deh resep nya kalo mendaki lagi..

    ReplyDelete
  18. Kalo bumbunya aja kelas tinggi semua gitu ya pasti sedep mantep.

    ReplyDelete
  19. Emangnya di Pakistan ada sambal ABC Mam?

    ReplyDelete
  20. masakin dong bunda buat aku... hehehe... bikin ngiler aja... :-D.. met week end ya..?

    ReplyDelete
  21. wah, jadi pingin nih, mbak hilda. layak saya rekomendasikan buat keluarga nih utk bareng2 bikin.

    ReplyDelete
  22. wahh resep baru...nanti kucoba mam .

    ReplyDelete
  23. wah mesti saya bookmark dulu nih. kayaknya crispy banget. ntar cobain resep ini

    ReplyDelete
  24. nyam nyam nyam...
    nyampe bandung gak ya kiriman masakannya hehehe...

    ReplyDelete
  25. wadoh ini sih di bakar juga nikmat, mungkin yang versi mongol... nyamnyam wenake...

    ReplyDelete
  26. The Dexter @ makasih

    Nirmana@ sampeyan terlalu merendah diri aja kali..

    Dede@ masih sisa kok kang dede, wijennya aja heheh piiss..

    No rules@ met pagi juga

    Indara@ habis sibuk ya..

    Nara@ makanya jangan njomblo kelamaan

    Annosmile@ boleh mas apa mbak ini..:)

    Xitalho, Blue Mountain@ silahkan..

    Rayearth@ makasih

    Masnur@ ini sih bukan kelas tinggi, orang cuman bawang putih aja kok, disini juga ada sambal ABC lho..indomie juga ada hehehe..

    Ifoel@ ntar kapan-kapan ya dimasakin..

    Sawali@ boleh mas silahkan..moga berhasil ya ujicobanya..

    Atca@ yup mba..boleh dicoba

    Byme@ nih saya kasi sepotong :)

    Erik@ silhakan bang erik..

    Linda@ sampe kok bandung kan deket kalo lewat fb hehehehe

    Suryaden@ hayyah ngga pernah masuk dapur nih, duh kalo dibakar ngga jadi krispy dunk kang hehehe..

    ReplyDelete
  27. hore akhirnya dapet lagi menu baru dari mama yg cantik.
    terimakasih banget nih...mo langsung dicoba, di hari Nyepi...insya Allah mo bikin ini nih dan smoga ga gagal. maklum bunda mah bukan ratu dapur hehe

    makasih ya mama hilda..muach muach

    ReplyDelete
  28. resep baru selalu menantangku... untuk mencoba...he..he...

    ReplyDelete
  29. mampir sore mam, mau icip crispy fried chickennya :D

    lagi laper...hehehe

    ReplyDelete
  30. ikutan bookmark kayak mba lyla ya Mom...mau jiplak ah biar masakan zie bervariasi...secr masak sendiri utk dimaem sndr suka bosen hehehe...makasih ya Mom resepnya ...yummi nih ...maaf lama ga mampir...lg badmood bw nih Mom nda tahu knp ... lg lebih asyik di darat

    ReplyDelete
  31. kebetulan belum makan nih.. jadi tambah laper aja...

    ReplyDelete
  32. o0o0 ayam ternyata punya drum juga yah..drum stick toh namanya... *kaburrrrrrrr*

    ReplyDelete
  33. Bunda@ hehe silahkan nyoba bunda, ntar kalo lagi coba jangan lupa kirim-kirim yya..hehehe

    Xitalho@ yang bener mas mau mencobanya..

    Joe@ kalo laper obatnya makan..

    Nara@ incip incip cuci piring sendiri ya..

    Riema@ kemana aja neng, baru klitan nih..iya gpp di bookmark, ntar kalo udah nyoba kirim ya..

    Ciptzo@ kalo laper makan mas, bukan BW hehehehe

    Bisnisway@ walah kok kabur..kaya layangan aja..:)

    ReplyDelete
  34. Masakannya kren..krennn
    Kutunggu kirimannya heheheh

    ReplyDelete
  35. hehehe.. posting masakan bisa panjang gini yaa.. jago nulis ni ..

    btw kayaknya enak tu dari tampilannya.. jadi laper nii

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  36. kliat gambarnya aj ud enak mamaaaaaaaaaaaaaaaa...

    maklum diriku ndak bisa masak, apa ntar anakku tak kasih makan template goreng aja y

    ReplyDelete
  37. Gambarnya saja sudah mengundang selera. Pingin rasanya minta istri untuk mencobanya.

    ReplyDelete
  38. mampir sore mam mau ambil ayam goreng lagi :D

    kemaren udah pesta ayam goreng selama nyepi...wkwkwkwk...mase laper juga nie...hihih

    ReplyDelete
  39. udah dicobain nih resepnya... hmmmh emang sedap banget.
    matur suwun mama ..kapan2 sharing lagi ya..

    ReplyDelete
  40. Pagi Mam, apa kabar! lama nggak muncul nih, pasti sibuk ya...di tunggu post2 berikutnya hehee

    http://www.eblogtalk.com/

    ReplyDelete
  41. asik siang2 gini pas blum makan dikasih ayam goreng wijen kripsi hemm .. gambarnya menggiurkan banget ni ma, jadi laper he..he..

    ReplyDelete
  42. jangan lupa HARI INI kita gabung ama 1 milyar orang di dunia buat matiin lampu dari jam 20.30 sampe 21.30 buat slametin bumi dari global warming. Walopun hanya 60 menit tapi kita udah bisa nyalain 900 desa, nylametin 284 pohon & menambah oksigen. tlg forward yaa.. demi our beloved earth ! regard..

    ReplyDelete
  43. lagi nungguin masakan dari mama hilda neh...heheheh

    ayo mam, post kuliner lagi, ato mancing barangkali...hihihi

    ReplyDelete
  44. mampir malem dirumah mama hilda...ehemmm...ehemmm...

    aduh kok batuk yahhhh, ada ayam goreng ndak yah :D

    ngacirrrr...

    ReplyDelete
  45. Genapin aja ah menjadi orang ke 50 yg merasakan masakan mama Hilda...hemmm inyak....

    ReplyDelete
  46. per,isi pak, saya numpang mau nyoba di rumah
    boleh khan???

    ReplyDelete
  47. permisi
    ijin-ijin sama yang punya blog

    ReplyDelete
  48. Wuaddduuuuhhhhh... Dari foto aja dah kecium harumnya :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar jika ada yang ingin anda sampaikan untuk postingan ini.
Regard,
Mama Hilda