Thursday, December 18

Postingan Iseng...

Berhubung sedang tidak mempunyai ide yang ingin di posting di blog ini, ditambah listrik yang sedang kumat lagi, biasa loadshedding berlaku lagi rupanya, itu artinya dalam sehari kita dapat giliran mati listrik lagi. Satu jam mati listrik lumayan, akhirnya inget masak untuk makan siang. Hanya, bingung mau masak apa ya hari ini, bolak-balik ke freezer ada apa yang menarik untuk diolah, masakan yang sekiranya saya ngga perlu masak dua kali, untuk kita berdua dan anak-anak juga mau..

Musim dingin seperti ini memang sepertinya perut maunya diisi terus, bawaannya lapar melulu, mungkin karena dingin ya..saya sendiri juga krasan didapur lama-lama kalo musim dingin, anget lama-lama dekat kompor hehehe, hanya kalau musim panas, wah jangan ditanya, maunya hanya minum juice dan buah, makan berat paling malas, karena memang saking panasnya jadi inginnya makan yang seger-seger. Disatu sisi, itulah ngga enaknya musim panas, tapi disisi lain tiap musim panas ditandai dengan munculnya berbagai macam buah yang beraneka ragam, dari mulai buah aprikot, plum, cherry, peach, anggur hijau yang manisnya bukan main, pear, mangga yang manisnya ngalahin mangga manalagi, jenisnya mangga Chounsa, garbusa (blewah tapi manis), melon, semangka..pokoknya pada waktu musim panas keluar deh semua.

Tetapi begitu musim dingin, yang ada hanya buah jeruk, pisang karena selalu ada disemua musim, apple dan kalaupun ada yang macam-macam biasanya buah import, tapi musim dingin kita ngga terlalu suka mengkonsumsi juice buah, dingin. Sekarang saja temperatur rata-rata kisarannya dibawah 10 derajat and it still far ahead, paling tidak puncaknya sampai minus biasanya pada bulan Januari, sampai maret nanti biasanya mulai memasuki musim semi.

Kembali pada kisah diatas, kemarin saya iseng mengolah ikan agar terasa yang agak lain gitu, daripada bete nungguin giliran mati lampu satu jam, akhirnya saya masak Steam Fish saus Tiram, mungkin ikannya kalau menurut saya paling enak kakap merah atau red sniper. Tapi karena ngga menemukan kakap merah saya masak aja dengan ikan yang ada di kulkas. Bawal Putih.


Yang diperlukan:
Ikan kakap merah, atau ikan laut yang dagingnya putih, dan lunak
Daun Bawang

Bumbu:
Bawang Bombay
Bawang Putih, dicincang
Jahe Dicincang
Merica secukupnya
Cabai Merah, didiris tipis, atau cabe diutuhkan.
Kecap Asin
Saus tiram

Caranya:
Lumuri ikan dengan garam, dan serutan jahe, letakkan diatas pirek, kemudian kukus didandang sampai ikan matang. Sementara itu untuk saus yang disiramkan, tumis bawang bombay, bawang putih jahe, tambahkan merica, kecap asin, tumis sampai harum dan semua bumbunya matang. Jika suka asin tambahkan garam menurut selera. Setelah sudah matang, masukkan saus tiram kurang lebih tiga sendok makan atau menurut selera, potong-potong daun bawang agak memanjang, dan masukkan ke bumbu tadi. Nah, terakhir ikan yang sudah dikukus tadi, biasanya akan keluar kaldunya, tuang kaldunya dibumbu tadi aduk-aduk sebentar, kemudian masukkan sausnya ke pirek yang ikannya sudah matang tadi.
Nah, siap deh..Listrik nyala, masakanku matang hehehhe. Selamat mencoba...

10 comments:

  1. waduh masakannnya enak banget.. hihi..musim dingin makan terus nih, bakaln ndut ma... hehehe

    ReplyDelete
  2. mamaaaa...gadis laper nih....aku juga mau kalo mama mau ngirimin. masa' kak erik doang yg dikirimin,he..he..

    ReplyDelete
  3. asyiiik..sekarang mama gak pake moderasi komentar lagi. asik sik asyiiik...

    ReplyDelete
  4. wah selain menulis,ternyata mama jago masak juga.

    BTW ada mati lampu bergilir jg disitu?

    ReplyDelete
  5. lyla@ndut kalo musim dingin mah gpp, ntar musim panas juga susut sendiri, jarang makan berat soalnya, kebanyakan makan buah.
    Erik@kristina@ntar ya saya kirimin, via apa nih ngirimnya..ngga ada sih courier yang sehari sampai dari islamabad wekeekek.
    Seno@duh kang, andai bisa saya kirim, udah saya kirim nih buat istrinya tercinta biar lekas sembuh, udah mendingan belum keadaannya sekarang?

    ReplyDelete
  6. Steam Fish saus Tiram..... hhhhmmm, uddah deh kebayang ma'nyusnyaaaaa, yang namanya menu masakan dengan bumbu saus tiram, akku sukkaaaaaaaa

    ReplyDelete
  7. kopi paste dulu menunya ntr ada dana cobain bikin. nyam nyam nyam....

    ReplyDelete
  8. wah sepp nih dapat resep mudah..hbsnya zie itu paling gaptek masak ikan...makacih makacih mama resepnya

    ReplyDelete
  9. Ma, Seno mau mengucapkan selamat hari ibu buat Mama Hilda. Sukses selalu buat Mama dan keluarga.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar jika ada yang ingin anda sampaikan untuk postingan ini.
Regard,
Mama Hilda